Facebook identik dengan warna birunya, pengaturannya yang statis, dan bisa dibilang itu-itu saja. Terkadang bagi sebagian orang tampak membosankan.

Pernahkah Anda berpikiran untuk mengubah tampilan default dari Facebook itu? Jika Anda tertarik untuk mengetahui caranya, mungkin tutorial berikut ini bisa menjadi sesuatu yang pantas untuk dicoba. Tapi, cara ini hanya bisa dilakukan melalui Internet Explorer dan Firefox.

1. Arahkan aplikasi web browser Anda ke www.pagerage.com. Sebelum dapat mengubah layout default Facebook, Anda harus menginstal plugin Yontoo Client. Klik tombol Install Plug-in untuk memulai men-download plugin tersebut terlebih dahulu.



2. Kemudian instal plugin tersebut.
















3. Beberapa saat kemudian, browser Anda akan memberitahukan bahwa sebuah plugin telah selesai diinstalkan di sana. Setelah browser Anda telah direstart terlebih dahulu, Anda akan mendapati sebuah toolbar milik Pagerage. Toolbar ini nantinya akan membantu kita dalam memanipulasi layout Facebook. Klik menu Layouts yang terdapat pada toolbar Pagerage tersebut. Ini juga bisa dilakukan dengan meng-klik Change Layout pada akun Facebook Anda.












4. Di sini, Anda dapat menemui banyak jenis layout yang dapat diterapkan ke dalam layout Facebook Anda. Cukup pilih salah satu dengan mengklik tombol Select pada layout yang anda inginkan atau Preview untuk melihat tampilan layout tersebut terlebih dahulu. Jika  Anda masih belum puas dengan tampilan layout yang ada, Anda bisa juga memilih layout yang lain dengan cara mengklik salah satu kategori layout yang telah tersedia.


5. Setelah layout pilihan tadi selesai di-load, maka Anda akan mendapatkan informasi bahwa layout tersebut telah berhasil diaplikasikan pada layout Facebook Anda sekarang. Klik link Go to Facebook… untuk melihat perubahan yang terjadi.

6. Berikut ini adalah salah satu contoh hasil penerapan salah satu layout yang ada. Anda dapat menggantinya sesering Anda mau.





Referensi : PC Mild Edisi 19/2010