Ngeblog sungguh mengasyikkan. Walaupun tak sedikit juga kita mengalami berbagai kendala, misalnya ketika kita ingin posting sebuah artikel. Apalagi kalau baru belajar, kita pasti mengalami berbagai kendala dan kendala tersebut bisa saja mengurungkan niat untuk posting artikel. Tetapi saya yakin jika terus belajar maka semua kendala tersebut bisa diatasi dan diminimalisir.

Saat pertama kalinya posting artikel, saya mengalami kendala ketika hendak posting artikel yang ada tabel. Awalnya saya memang kesusahan karena editornya tidak menyediakan pembuatan tabel, tetapi setelah saya cari referensi diinternet akhirnya saya dapatkan solusinya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Program yang satu ini, saya rasa sudah pada kenal karena kita sudah terbiasa menggunakannya. Untuk lebih jelasnya cara membuat tabel pada postingan blog menggunakan Microsoft Word, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Word.

  2. Buatlah tabel, kemudian desain tabelnya sesuai dengan yang diinginkan. Saya yakin membuat tabel di Microsoft Word sudah pada bisa.


  3. Jika sudah membuat tabel, sekarang simpan dengan Format "Web Page, Filtered (*.htm;*.html)".


  4. Setelah disimpan, kemudian tutuplah Microsoft Word-nya.

  5. Sekarang bukalah file yang telah disimpan tadi dengan menggunakan notepad atau notepad++. Saya menggunakan notepad++ dan tampilannya seperti berikut:


  6. Copy semua Kode tersebut dan paste-kan pada postingan dibagian HTML, bukan Compose.


  7. Publikasikan artikel dan lihat hasilnya. Sudah bisa kan??
Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.