CCleaner adalah salah satu program untuk menghapus cookies, file-file sementara dan berbagai file sampah yang tidak lagi digunakan oleh komputer. Dengan ini akan membebaskan ruang harddisk komputer dan memungkinkan sistem operasi pada komputer berjalan lebih cepat. Selain itu, CCleaner juga akan membersihkan dan memperbaikan kesalahan registry dan pengaturan yang rusak serta membuat komputer lebih stabil
Selain ukuran yang kecil, CCleaner juga memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Tidak perlu belajar banyak untuk menggunakannya, cukup dengan beberapa klik saja maka semuanya akan beres. CCleaner juga memiliki karakteristik yang beda dari beberapa aplikasi sejenis yaitu mampu menganalisis serta membersihkan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan pada komputer dalam waktu yang singkat. CCleaner merupakan aplikasi yang wajib diinstall pada setiap PC/Laptop.

Cara menginstal CCleaner:
  1. Download file setup CCleaner disini.
  2. Buka file setup yang telah didownload, kemudian klik dua kali untuk memulai proses instalasi.
  3. Mungkin akan muncul kotak User Account Control dan pilih Yes.
  4. kemudian, akan muncul layar Selamat datang di program instalasi CCleaner. Untuk memudahkan penginstalan, pada Pilih bahasa Anda pilih Bahasa Indonesia.
  5. Pada layar Pilihan Memasang, silahkan memilih pilihan tambahan dengan mencentang kotak yang tersedia. Saya sarankan untuk memilih semua, kemudian pilih Lanjut.
  6. Akan muncul layar berikut:
    Jika Anda ingin memasang dan menjadikan Google Chrome sebagai browser default Anda serta menyertakan Google Toolbar di Internet Explorer maka centang dua kotak pilihan yang tersedia. Jika tidak maka hilangkan tanda centang pada kedua kotak tersebut. Tetapi karena saya menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser default maka saya tidak perlu memasang Google Chrome dan menyertakan Google Toolbar di Internet Explorer, jadi saya menghilangkan tanda centang pada kedua kotak tersebut. Selanjutnya pilih Instal.

  7. Tunggu proses instalasi hingga selesai.
  8. Jika proses instalasi selesai maka akan tampil layar berikut:
    Hilangkan centang pada Lihat catatan rilis, selanjutnya pilih Selesai.

  9. Beginilah tampilan awal CCleaner:  
Sekarang Anda tinggal menggunakan CCleaner dengan mengklik pada Analisa kemudian Jalankan CCleaner. Tunggu beberapa saat maka komputer Anda akan dibersihkan dari cookies dan file-file sampah yang tidak lagi digunakan oleh komputer. Sekian penjelasan tentang CCleaner. Semoga bermanfaat.